Widget HTML #1

Dapatkan PROMO minggu ini melalui whatsapp admind dengan kode pesan Qs77aD

Bahan Pintu Aluminium dan Cara Perakitanya

Aluminium,sudah tak asing lagi ditelinga kita,karna sudah banyak sekali rumah yang menggunakannya. Apalagi dibagian pintu yang semestinya harus dijaga keamanan dan keawetannya.

Bahan bahan pintu aluminium

Diartikel ini saya ingin berbagi pengetahuan mengenai sedikit apa dari yang saya ketahui dan fahami ,yaitu bahan pintu alumunium dan cara merakitnya. Namun sebelum kita bahas lebih dalam , ngopi dulu bray biar fokus. Ok....! 

  


Bahan pintu aluminium tidak sedikit,jadi perlu difahami cara pengaplikasian nya dengan benar dan jangan sampai salah bahan jika tidak mau bingung ada perbedaan dengan bahan pintu aluminium yang baru atau berbeda disekitar anda.  Selain itu dalam pembuatan pintu aluminium juga dibutuhkan ketelitian dan keahlian menghitung  sesuai dengan rencana pintu yang akan dibuat.


  Ada beberapa macam bahan pintu aluminium diantaranya:

- bahan pintu aluminium swing

bahan pintu lipat aluminium

-bahan pintu floor hinge

-bahan pintu sliding aluminium


   Berikut penjelasan untuk macam-macam bahan daun pintu aluminium dan cara merakitnya,kami rangkum sesuai pengalaman yang kami fahami,dengan berbagai strategi untuk bisa menghasilkan barang yang berkualitas untuk konsumen ,sesuai budget yang di anggarkan.


bahan pintu aluminium swing

bahan pintu aluminium swing


 Swing atau dalam kata lain ialah ayunan ,maksud dari pintu swing adalah swing buka dan swing tutup yang biasa dilakukan dalam keseharian anda ketika ber aktivitas dirumah, salah satunya membuka atau menutup pintu dengan cara mendorong atau menariknya.

 Material bahan pintu aluminium swing :

 * tiang engsel atau frovil ambang tegak,berfungsi sebagai tiang penahan kekuatan pintu pada bagian dudukan engsel pintu.

 *tiang sirip atau frovil ambang tegak kunci,berfungsi untuk memasang kunci dan menahan pintu maximal tutup.

*ambang datar atas ,berfungsi sebagai pengait keseimbangan pintu. 

*ambang datar bawah, berfungsi sebagai penahan material pintu(kaca,spandrel,acv atau triplex+hvl)

*ambang datar tengah, berfungsi sebagai sekat pintu (jika dibutuhkan)serta penambah kekuatan.

*glass bite atau ceklokan, digunakan jika pintu memakai ambang datar tengah.

*stopper atau tatapan pintu,berfungsi sebagai penahan pintu maximal tutup,serta menutupi rongga celah pintu.

Pintu aluminium kaca


  cara membuat pintu aluminium swing

Pertama siapkan bahan.kalau gak disiapin apa yang mau dibuat ?. Ngopi dulu deh biar gak oleng. 😀😀😀

  Kita ber andai-andai dulu yah. semisal kita akan membuat pintu alumunium dengan ukuran lubang pintu (ingat ,lubang pintu,bukan lubang kusen) dengan ukuran tinggi 210cm dan lebar 90cm. Setelah kita tahu ukurannya kita tinggal merakitnya dengan cara:

 -pertama,tentukan stoppernya dahulu, potong ukuran stopper dengan kemiringan sesuai rencana pembuatan pintu.

-kedua,hitung ukuran pintu sesuai kebutuhan bahan. Jika kita memakai stopper biasa maka tinggi lubang dikurangi 1 cm=209cm ,jika memakai stopper duduk maka dikurangi 1.1cm =208,9cm. Dan ukuran lebar ,jika memakai stoper biasa dikurangi 0,8cm=89,2cm jika pakai stopper duduk dikurangi 1cm=89cm. 

Kita fokus pakai stopper biasa,maka pintu jadi dengan ukuran 209 X 89,2 cm.

 -ketiga,potong tiang sesuai ukuran pintu jadi yaitu 209cm dan potong ambang bawah dan atas dengan hitungan 89,2cm dikurangi tiang engsel (dikecualikan sirip ) dan tiang kunci.89,2-6-6=77,2cm,jika memakai ambang tengah,ukurannya sama 77.2 cm.

-ketiga , pasang spigot pada ujung tiang mengikuti mal-mal an atau seukuran ambang atas dan bawah jika memakai bahan skrup, langsung mall aja lubang skrupnya.

-keempat,proses perakitan pintu dengan cara masukan ambang ke spigot yang sudah dimal tadi kemudian di rivet atau diskrup jika pakai bahan skrup dan pada bagian tengah pintu bisa menggunakan kaca,acv,spandrell atau triplex +hvl. Jadilah pintu tinggal proses pasangnya saja.

 

Pintu swing aluminium

Artikel terkait aluminium

Untuk pembuatan pintu aluminium swing bahan yang digunakan sangat dinamis bisa menggunakan bahan pintu swing,bisa pakai bahan pintu sliding,bahan pintu floor hing , atau bahan 9055(kode aluminium).

 Untuk pemakaian pintu sliding yang dibutuhkan ialah tiang pintu engsel,tiang pintu kunci,ambang bawah dan ambang atas cara menghitungnya sama seperti yang diatas, bisa juga menggunakan bahan full tiang 6cm atau 8cm.

 Kemudian untuk pemakaian bahan pintu floor hinge yang dibutuhkan ialah tiang pintu polos atau sirip sebagai tiang kunci,kemudian tiang engsel diganti bahan ambang atas,ambang bawah+glass bite,dan ambang atas. Cara penghitungannya pun masih sama,hanya ada perbedaan pada tiang.

 Terahir bahan pintu 9055. Jika memakai bahan ini semuanya menggunakan 9055 dari tiang dan ambang,hanya saja bedanya setiap pojok pintu harus dipotong siku semua,supaya lebih rapih,artinya tidak ada rumus pengurangan bahan pintu,hanya pengurangan stopper saja yang digunakan.


bahan pintu lipat aluminium

bahan pintu lipat aluminium

 kode bahan pintu lipat aluminium,cara kerjanya sama seperti bahan pintu swing hanya saja ada perbedaan posisi dan ada beberapa tambahan seperti cara hitung yang berbeda. Sekarang kita lanjut memahami prosesnya.

  cara menghitung pintu lipat aluminium

 Sebelum menghitung pastikan rell yang akan dipasang ,rell nya sendiri ada 2 yaitu rel tengah dan rell luar.dan dalam penghitungan ini saya anggap pakai stopper biasa, dengan ukuran lubang pintu lebar 250cm dan tinggi 210cm,terbagi menjadi 5 daun pintu.


  Cara menghitung dengan rell tengah,

 -pertama,tinggi dikurangi 1cm/1.2cm=209cm, dan pengurangan lebar jika 5 daun pintu dijadikan 1 maka cukup 1,2 cm=,jika terpisah jadi 4&1 maka dikurangi 1,5cm. Bisa disesuaikan tergantung lokasi.

 -kedua,menghitung lebar tiap daun pintu,pada posisi pintu pertama dikurangi 6 cm dan dibagikan ke pintu lain untuk menemukan posisi lurus pintu ketika dilipat,contoh ukuran lubang 250cm -1,2cm=248,8cm. Kemudian dibagi menjadi 5 pintu =49,76cm. Untuk menemukan hitungan pintu pertama diengsel 49,76cm-6cm=43,76cm. Dan 6cm tadi ditambahkan ke lebar daun pintu kedua sampai kelima, 49.76cm+1.5cm=51,26cm. Jadi ketemunya pintu pertama pada bagian engsel 43,76 cm dan 4 pintu yang lain 52,26cm.


Cara menghitung dengan rell luar

 Dalam penghitungan pengurangan pintu sama,hanya saja ada perbedaan pada proses penghitungan lebar daun yang lebih simple, yaitu cukup ukuran langsung dibagi jumlah pintu 248,8cm:5=49,76cm. Jadi ketemu lebar pintu keseluruhan 49,76cm(semua pintu ber ukuran sama.


  cara membuat pintu lipat aluminium 

  Kita anggap memakai bahan 6cm dan pintu alumunium menggunakan rell luar.  langkah pertama potong tiang bahan "6cm "9 batang dan 1 batang  tiang sirip (tiang kunci) dengan ukuran 209cm, selanjutnya potong ambang bawah dan atas dengan cara 49,76 dikurangi bahan (6cmX2).kemudian rakit 5 daun pintu tersebut. Jadilah pintu lipat aluminium


bahan pintu floor hinge

bahan pintu floor hinge
 Pada bahan pintu floor hinge ada perbedaan yang sangat signifikan,yaitu pada bagian tiang,dimana tiang pada pintu floor hinge pada salah satu bagian membentuk lingkaran atau bulat. Dikarnakan tempat pada engsel pintu floor hinge itu menepi dan posisi buka tutup pintu floor hinge juga bisa bolak balik,seperti fivot.

Fungsi bahan moher

 Tiang bulat,tiang moher ,ambang bawah dan ambang atas.untuk penjelasan ambang sudah faham bukan,disini saya hanya ingin menambah kan penjelasan tentang tiang bulet dan tiang moher. Tiang bulat berada dibelakang atau diarea tembok ,sedangkan tiang moher pintu berada didepan atau diarea handle buka tutup pintu.

Dan menjelaskan rumus pintu floor hinge . Kita anggap lubang pintu dengan ukuran tinggi 200cm dan lebar 90cm. Dengan cara tinggi pintu dikurangi 1,5cm=198,5cm dan lebar dikurangi 14,5cm=75,5cm jika 1 pintu,jika 2 pintu maka dikurangi 28,5cm=51,5cm dan dibagi 2=25,75cm.

 Harap diukur ulang pada bahan sebelum dibuat,sebab terkadang meteran kita berbeda dan dalam hitungan aluminium mimimeter sangat pentinga.......!!!!!!!!!


bahan pintu sliding aluminium

bahan pintu sliding aluminium
 Pintu sliding atau pintu geser sering difungsikan sebagai penutup ruangan yang minim tempat. Biasanya terpasang di ruang tengah. Seperti diruang tamu,ruang dapur dan ruang santai.

 Pembuatan pintu aluminium yang agak bikin pusing kepala ialah pintu sliding, karna bahan yang berbeda beda. Dan pintu sliding terdiri dari 2 macam, sliding rell bawah (pada gambar) dan sliding rell atas.
Pintu sliding aluminium
Tambahkan teks


 
 Rumus pintu sliding dan cara perakitannya akan dibahas diartikel selanjutnya... Terimakasih semoga bermanfaat.


7 komentar untuk "Bahan Pintu Aluminium dan Cara Perakitanya"

[MJA] MEKAR JAYA ALUMUNIUM 30 September 2020 pukul 23.58 Hapus Komentar
Ok. Sangat baik
Afipsaputra 4 Februari 2022 pukul 22.27 Hapus Komentar
Terimakasih sangat membantu bnaget
Unknown 5 Februari 2022 pukul 00.35 Hapus Komentar
Bermanfaat banget ... Share LG bang kurang lengkap
Unknown 9 April 2022 pukul 22.30 Hapus Komentar
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
WazaaH_ScoutSHOP 29 Desember 2022 pukul 10.24 Hapus Komentar
Kereeeenn... sangat membantu.. trimakasih kakak
Tukang aluminium Banyuwangi 17 Januari 2023 pukul 15.44 Hapus Komentar
Terima kasih pelajaran nya. Alhamdulillah sangat membantu
mazmur 26 Desember 2023 pukul 15.05 Hapus Komentar
Infonya cukup detail, terima kasih min, karena saya juga ingin merakit sendiri