Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan kekurangan kusen aluminium dengan kusen kayu

 Kusen memiliki peran penting pada sebuah bangunan rumah tinggal,fungsinya sendiri biasa digunakan untuk bingkai pintu,jendela atau keperluan rumah lainnya . Selain itu kusen juga bisa menambah keindahan pada bagian rumah tertentu. Namun banyaknya orang yang kurang memahami dan banyak yang bertanya bagusan kusen aluminium atau kayu ?
kusen-aluminium


 Pada dasarnya kusen kayu dan kusen aluminium fungsinya sama ,namun dijaman sekarang kayu berumur tua lebih sulit dicari sehingga harga kayu tua makin melambung tinggi, dilain sisi tersedianya solusi dengan adanya produk kusen aluminium sebagai pengganti kusen kayu. Namun masih ditanyakan untuk orang yang baru mengenal aluminium. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan kusen aluminium atau kayu serta rekomendasi terbaik untuk anda sesuai dengan kebutuhan dan menyesuaikan budget yang anda siapkan.


   Kelebihan Dan Kekurangan Kusen Aluminium
kusen-dan-pintu-aluminium


Kelebihan kusen aluminium:
*Tahan terhadap cuaca
 Perubahan cuaca dan suhu udara dapat membuat kusen kayu memuai dan menyusut,namun hal ini tidak berlaku untuk kusen aluminium, karna bahan aluminium yang tahan terhadap cuaca panas atau dingin bahkan lembab sekalipun.
*Irit biaya
 kusen aluminium lebih murah biaya dibandingkan dengan kusen kayu, dikarenakan jika kita cek dengan harga kayu yang berumur tua kusen aluminium justru lebih murah,selain itu kusen aluminium menawarkan pengerjaan dengan harga yang sudah terpasang atau terima beres , meskipun terlihat besar harganya padahal justru lebih murah, karna hitungan global,dibanding dengan kayu anda harus membeli kayu,bayar tukang,belum lagi beli aksesoris seperti kunci ,handel dll
*Anti rayap dan jamur
 kusen aluminium sangat sesuai untuk digunakan dalam bangunan yang berada diwilayah dengan tingkat populasi rayap yang tinggi,selain itu kusen aluminium tahan juga terhadap jamur walau ditempat lembab sekalipun ,sehingga lebih awet karna tidak akan mengalami korosi.
*Beban ringan
 kusen aluminium memiliki beban yang sangat ringan , hal tersebut dapat mengurangi beban pada tembok agar lebih awet.
*pemasangan praktis
 kusen aluminium dipasang dengan menggunakan skrup yang divicer dan dilem sealent pada bagian samping, selain kuat juga lebih mudah dipindahkan jika suatu saat anda akan merenovasi atau merubah bagian rumah tertentu.
*Perawatan yang mudah
 perawatan kusen aluminium sangat mudah , dengan cara dilap dengan kain basah saja sudah cukup.
kusen-jendela-aluminium


 Kekurangan Kusen Aluminium :
*Desain terbatas
 kusen aluminium tidak bisa diukir hal tersebut membuat desain kusen lebih terlihat seperti itu-itu saja namun pda bagian lain seperti pintu,jendela dll itu bisa didesain dengan model custom atau tambahan ornament sehingga menambah nilai futuristik aluminium.
*Pembuat harus ahli
 kusen aluminium adalah bahan pabrikan yang tidak bisa dimainkan oleh tukang, selain karna tidak bisa disambung, kesalahan pada proses pembuatan kusen aluminium dapat mengakibatkan hal yang fatal, seperti salah hitung atau tekor lebih dari 2mm,hal tersebut bisa mengakibatkan kualitas barang yang tidak presisi pada saat pemasangan dilokasi, selain itu kusen aluminium dihadapkan dengan proses finishing pada bagian lem sealent,disinilah tukang yang harus benar-benar ahli yang bekerja, karna jika tukang-tukangan bisa mengakibatkan semua terlihat semrawut karna lem yang kurang rapih.

 kelebihan Dan Kekurangan Kusen Kayu
kusen-kayu


Kelebihan kusen kayu :
*Desain yang beragam
 Kayu adalah bahan yang bisa diukir ,hal tersebut membuat bahan kusen kayu lebih memiliki banyak variasi dengan konsep alami,klasik atau modern sesuai keinginan pemesan.
*Fleksibel
 Selain bisa diukir bahan kayu lebih fleksibel ,karna bahan kayu lebih rapih ketika disambung sehingga bisa membuat bentuk sedemikian rupa seperti untuk lengkungan,bulat atau kerucut skalipun.
*Natural
 Kayu memiliki sifat natural dibanding bahan aluminium yang memiliki warna lebih dominan seperti warna putih ,hitam,coklat atau silver ,namun aluminium bisa dicustom warna dan ada bahan natural seperti motif urat kayu ,cuma harganya lebih mahal dibanding warna dominan.
*Kuat
 Kusen kayu lebih kuat dibanding kusen aluminium,dikarnakan pada kusen kayu tidak ada bagian kosong.
 
harga-kusen-aluminium

Kekurangan kusen kayu :
*Biaya mahal
 Sulitnya menemukan kayu bagus dan tua membuat harganya yang melambung tinggi,belum lagi kita harus bayar tukang dan juga biaya finishing pada pengecatan sungguh menguras isi dompet bukan.
*Mudah rapuh
 Kayu adalah bahan alam yang mudah memuai,selain itu juga tidak cocok untuk keadaan tempat lembab,hal tersebut yang membuat kusen kayu dapat berubah bentuk,kecuali kayu berkualitas baik atau tua.
*Tidak tahan rayap
Siapa yang tidak tahu rayap,ya resiko jika menggunakan kayu berkualitas buruk sama saja welcome the rayap wkwk.
*Beban berat
  Beban kusen kayu lebih besar dibanding kusen aluminium, belum lagi sifatnya yang bisa menyerap air membuat bebannya lebih berat.

 Rekomendasi Memilih Kusen Terbaik Untuk Rencana Rumah Anda


kusen-aluminium-vs-kusen-kayu




 kusen aluminium dan kusen kayu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing membuat anda bimbang bukan, tenang berikut kami jelasan beberapa rencana memilih kusen terbaik,sesuai budget dan kebutuhan anda. 
 Berikut beberapa pilihan untuk rencana rumah anda:
1.jika anda ingin biaya murah dan lebih tahan lama maka gunakan kusen aluminium dengan bahan standar.
2.kusen aluminium murahan ? wkwk.tenang ada pesifikasi dengan kualitas tinggi, tentunya harga dan kualitas lebih bagus dari nomer satu.
3.konsep natural,anda bisa gunakan kayu tapi usahakan kayu berkualitas baik,biar lebih awet.
4.natural tapi bahan aluminium ! ada kok, pakai kusen aluminium motif kayu.
5.pengin bagus tapi tempatnya banyak rayap,ya pilih aluminium.
6.pengin murah tapi kuat dan tahan lama,bisa custom coy kusen aluminium ditengahnya dikasih kayu kuat pada bagian engsel atau double aluminium.
7.pengin mewah, ya kalau ada harga kualitas pun lebih bagus , anda bisa pilih kayu dengan kualitas terbaik,atau kusen dengan terbaik juga ada.
8.klasik dan ukiran ya jelas pilih kusen roti wkwk, ya kayu lah.

ok mungkin sekian sedikit penjelasan kusen aluminium versi alumuniumdepok.com semoga membantu, untuk info lanjut bisa klik menu.
ervita aluminium









Posting Komentar untuk "Kelebihan dan kekurangan kusen aluminium dengan kusen kayu"