Widget HTML #1

Dapatkan PROMO minggu ini melalui whatsapp admind dengan kode pesan Qs77aD

Jenis-Jenis Pintu Yang Populer di Indonesia, Apa Saja?

pintu-lipat-aluminium

Ada banyak komponen penting untuk suatu hunian, salah satunya adalah pintu. Dulunya, pintu memang "hanya" dijadikan sebagai pelindung rumah saja, tapi kini pintu juga bisa menambah estetika dan tentunya memperkuat karakter hunian. Pada pembahasan kali ini, Anda akan mengetahui jenis-jenis pintu yang memang populer di Indonesia.

Seperti yang diketahui, pintu tidak hanya memiliki satu jenis saja, melainkan ada beragam jenis. Setiap jenisnya juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Untuk mengetahui apa saja jenis-jenisnya, mari simak penjelasan di bawah ini hingga selesai.

Jenis-Jenis Pintu

1. Pintu Sayap (Swing Door)

Jenis pintu yang pertama adalah pintu sayap atau swing door merupakan salah satu pintu yang paling banyak digunakan di hunian Indonesia. Pintu sayap memiliki dua tipe, yaitu tipe tunggal dan ganda yang dapat Anda sesuaikan dengan lebar bukaan.

Bukaannya hingga 90 derajat, untuk menghemat ruangan maka Anda dapat menempelkan bagian yang terbuka ke dinding. Beberapa perangkat pada pintu sayap antara lain kusen, daun pintu, engsel dan tentunya kunci.

Pintu sayap memang banyak dipilih karena pemasangannya yang mudah, awet dan tidak sulit untuk merawatnya. Karena komponennya hanya sedikit, biaya pemasangannya juga terjangkau. Engsel juga bisa bertahan hingga lebih dari 10 tahun, asalkan pemasangan engsel disesuaikan dengan beban dari daun pintunya.

Pintu sayap dapat menutup dengan sempurna, sehingga dapat menjaga dengan baik privasi Anda, meskipun di bagian bawahnya menyisakan sedikit celah.

Kekurangan dari pintu sayap adalah cukup boros ruang pada saat pintu dibuka.

Ada beberapa jenis pintu sayap, antara lain double swing, uneven, opposing dan revolving.

2. Pintu Geser (Sliding Door)


Sesuai dengan namanya, pintu ini dapat digunakan dengan menggeser atau mendorongnya secara horizontal ke kiri atau ke kanan, dan bahkan ada juga yang didorong ke atas. Daun pintunya ada di bagian rangka atau rel bagian belakang.

Jika dibandingkan dengan pintu sayap, pintu jenis geser ini memang lebih menghemat ruang, namun perangkat yang diperlukan tentunya lebih banyak.

Jika ruangan di hunian Anda cukup sempit, maka pintu geser ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Agar pintu dapat dibuka dan ditutup, maka roda yang ada pada rel akan bergerak. Tapi sayangnya pintu jenis ini rawan kerusakan. Kerusakan yang paling sering terjadi adalah roda penggantung macet. Dan juga debu yang lebih mudah masuk karena celah yang lebih banyak antara kusen dengan pintu.

3. Pintu Lipat (Folding Door)



Dan jenis-jenis pintu yang selanjutnya adalah pintu lipat yang biasanya digunakan pada toko, gudang, ruang rapat, aula, ruang keluarga dan juga ruang makan. Cara membukanya dengan melipat daun pintu ke kanan atau kiri.

Jika Anda menginginkan pintu dengan bukaan yang lebar namun hemat ruang pembukaan, maka pintu lipat bisa menjadi pilihan tepat. Pintu lipat merupakan gabungan dari pintu sayap dan pintu geser karena pintu lipat hanya membutuhkan tiga komponen seperti engsel, rel dan penggantung.

4. Pintu Gulung (Rolling Door)

Di bagian atas pintu terdapat roll box sehingga pintu dapat digulung. Pintu terbuat dari bahan aluminium yang ringan dan awet. Untuk mekanisme penggunaannya menggunakan pegas sehingga bisa secara otomatis digulung ke atas.

Karena memiliki daun pintu yang tipis, pintu gulung ini tidak terlalu kuat jika dibandingkan dengan jenis-jenis pintu lain yang sudah dibahas sebelumnya. Kekurangan lainnya adalah pintu mudah untuk dibongkar jika suatu saat ada pencuri, mudah rusak, dan jika tidak dirawat dengan baik mekanisme buka tutupnya akan mudah macet. Selain itu, pintu ini juga dianggap kurang estetik sehingga lebih cocok untuk bangunan seperti kios atau toko.Meskipun demikian harga pintu gulung relatif terjangkau.

Demikian sedikit penjelasan mengenai pintu yang paling populer dan banyak pemakai diindonesia,cuplikan alumuniumdepok.com . Nantikan juga website terbaru kami di  Alumuniumdepok.top yang akan membahas dunia marketing kusen aluminium dan produk lainnya,selain itu kami juga memberikan peluang kerja sama bersama ratusan para toko dan tukang berpengalaman di seluruh indonesia.


Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Pintu Yang Populer di Indonesia, Apa Saja?"