Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Pintu Sliding Aluminium

Pintu sliding atau disebut juga pintu geser merupakan salah satu model pintu yang terdapat pada rumah, kantor, dan bangunan lainnya. Penggunaan pintu jenis ini biasanya diterapkan di dalam bangunan sebagai penghubung satu ruangan dengan ruangan lainnya, seperti ruang tamu ke ruang dapur. Penggunaannya jarang untuk pintu masuk utama atau pun pintu kamar karena dinilai kurang estetik namun jika keadaan ruangan sempit biasanya dipaksakan terpasang karna keadaan, berbeda dengan pintu engsel samping yang terlihat lebih bagus untuk pintu utama dan juga lebih familiar dimata orang sehingga lebih memudahkan orang lain ketika baru pertama melewati. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang kelebihan pintu sliding aluminium untuk interior rumah beserta kekurangan yang perlu diperhatikan.

A. Kelebihan Pintu Sliding Aluminium

Pintu-Sliding-Aluminium

1. Sirkulasi Udara Lebih Baik

Pintu sliding atau pintu geser memiliki kerapatan yang cukup bagus namun masih ada celah diantara keliling pintu karna ber space dalam pemasangannya. Sehingga memungkinkan udara tetap masuk walau pintu  dalam keadaan posisi tertutup, hal ini membuat sirkulasi udara tetap berjalan,sangat cocok digunakan sebagai skat ruangan ataupun sebagai pintu kamar, hindari pemasangan diantara ruangan yang memiliki bau menyengat seperti dapur dan kamar mandi.

2. Keamanan Ekstra

Pintu jenis ini memiliki kekurangan di masa lalu karena tidak menawarkan keamanan yang baik. Kacanya dinilai mudah dibobol karena terpampang dengan lebar dan kerangkanya berbahan plastik atau kayu, serta tidak adanya penjagaan atau kunci modern. Namun pada saat ini, pintu sliding rata-rata dibingkai dengan aluminium karena dinilai kuat, ringan, dan susah untuk dibobol. Kacanya juga dapat dipilih yang tebal, bahkan bisa mencapai ketebalan 1,2 cm. Tidak hanya itu, sekarang ini sudah banyak beredar pengaman modern berupa segel dengan mekanisme pengait, sandi, atau pun sidik jari.

3. Dapat Menghemat Ruangan

Pintu-Geser-Aluminium


Berbeda dengan jenis pintu biasa, pintu jenis geser dapat menghemat ruangan jauh lebih efesien karena mekanismenya bergeser kesamping, bukan melawan arah seperti pintu engsel biasa yang harus dibuka secara 90 derajat. Karena itu, jenis pintu sliding menjadi pilihan yang tepat untuk ruangan sempit. Untuk mendesain rumah minimalis menggunakan jenis pintu ini, Anda bisa memilih kaca yang tidak terlalu tebal namun kualitas terbaik kemudian memilih bahan aluminium sebagai kerangka karena tipis tapi kuat serta ringan untuk digeser.

4. Mendapat Pandangan yang Luas Dengan Sirkulasi Udara

Pintu geser biasanya dibuat menjadi penghubung dalam rumah ke taman belakang. Panel yang begitu luas, terutama untuk pintu geser dengan dua pintu akan memberikan sirkulasi udara yang baik serta mendapatkan pemandangan yang lebih luas ke luar rumah. Untuk pemasangan pintu geser ke luar rumah, perlu memerhatikan kacanya. Sangat indah apabila pintu ini dipasang dengan luaran berupa taman bunga, taman rumput, kolam renang, kebun, dan lainnya.

5. Memberikan Akses Mudah

Pintu sliding yang bagus memiliki rel di bagian penggeserannya. Hal ini akan membuat pintu mudah untuk digeser hanya dengan sedikit dorongan sehingga dapat memberikan akses yang mudah untuk masuk ke suatu ruangan. Namun untuk menjaga rel ini tetap optimal, jangan lupa untuk memberikan perawatan berskala sehingga pintu sliding Anda tidak mudah macet.

6. Ramah Lingkungan

Berbeda dengan bahan lain seperti kayu yang bisa ditumbuhi jamur atau perubahan-perubahaan oleh cuaca, bahan aluminium tidak mudah terkena rayap, jamur, hama, atau kerusakan jangka pendek akibat cuaca. Apabila terjadi kebakaran, pintu geser Anda yang terbuat dari aluminium tidak akan terbakar sehingga ramah lingkungan. Selain itu, aluminium tidak mengeluarkan zat racun yang membahayakan penghuni rumah.

7. Stylish dan Kekinian


Jika dibandingkan dengan jenis pintu lain, pintu sliding atau geser memiliki mekanisme yang terlihat elegan. Meskipun modelnya sudah ada sejak lama, tetapi apabila digabungkan dengan pengaman modern dan bahan berkualitas seperti aluminium, pintu geser sangat bergaya di pandang mata. Sliding door bisa menjadi investasi masa depan di dunia interior mengingat banyak orang yang menargetkan rumah minimalis dan modern untuk dibangun. Tentunya, pintu geser dengan banyak pilihan warna rangka aluminiumnya sangat cocok dengan desain rumah minimalis karena simple namun kuat .

8. Kuat dan Awet

Selain pemilihan kaca yang berkualitas, Anda juga harus memerhatikan kerangka pintu. Aluminium menjadi pilihan yang tepat karena terkenal dengan keawetannya. Bahan ini tidak mudah terkena lumut, jamur, dan lainnya. Kemudian bahan aluminium tidak mudah mengalami pemuaian atau perubahan bentuk akibat faktor luar dan memiliki kekerasan yang cukup baik. Umurnya jauh lebih panjang daripada bahan plastik atau kayu. Tidak hanya itu, bobotnya yang ringan membuat pemasangan serta mekanisme pembukaannya bisa menjadi nyaman.

B. Kekurangan Pintu Sliding Aluminium

1. Isolasi Suara Kurang Baik

Celah-Pintu-Geser

Pintu sliding biasanya memiliki celah tipis karna dalam pemasangannya harus ada space. Hal itu membuat isolasi suara tidak baik sehingga membuat suara baik dari dalam maupun luar dapat menembus pintu dengan mudah. Karena itu lah, pemasangan pintu sliding jarang diterapkan di ruangan studio yang harus kedap suara.

2. Dapat Bermasalah Macet

Berbeda dengan engsel pintu biasa yang mudah dibersihkan apabila macet, mekanisme rel pada pintu sliding cukup sulit dilakukan pembersihan. Meski begitu, Anda harus tetap melakukan perawatan secara berskala, seperti melumasi rel dengan pelumas atau memebersihkan kotoran berupa rambut, debu tebal, benang halus, dan lain sebagainya.

3. Harga Relatif Mahal

Harga yang ditawarkan untuk sebuah pintu sliding dengan bahan aluminium cukup mahal. Karena bahan kerangka yaitu aluminium merupakan logam yang mahal. Selain itu, kaca berkualitas juga memiliki harga yang tidak murah. Meski begitu, harga yang Anda keluarkan masih sepadan dengan kualitas yang diberikan oleh kerangka aluminium dan kaca berkualitas. Harga pintu aluminium

Kesimpulan


Dengan desain yang sederhana serta pilihan warna yang beragam seperti coklat,hitam,putih dll, pintu sliding aluminium menjadi pilihan tepat untuk membangun rumah atau bangunan minimalis. Keawetannya sudah tidak diragukan lagi meskipun memiliki harga yang lumayan mahal dibanding bahan umum lainnya. Hal yang diperlu diperhatikan adalah bagaimana maintenance pintu sliding yang memiliki spot-spot sulit digapai.

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Pintu Sliding Aluminium"