Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

* Untuk pemesanan bisa telpon admin...! *Untuk lihat barang dan pesan klick menu produk *Untuk info bisa klick toko kami.

cara membuat jendela sliding aluminium sendiri


Jendela-sliding-aluminium

  Jendela sliding atau dalam bahasa indonesia yang berarti jendela geser. Maksud jendela menurut beberapa sumber . "Jendela ialah lubang yang dapat diberi penutup, biasanya dipasang pada dinding atau tempat yang kurang cahaya dan udara". Jenisnya pun ada ber macam-macam seperti sliding,swing ,jungkit dan lain-lain. Dari banyaknya model jendela yang perlu diperhatikan ialah pembuatan jendela biasanya bertujuan untuk memaksimalkan fungsi ruangan,selain itu jendela juga menambah nilai seni pada sebuah rumah,dimana penempatan posisi jendela yang tepat akan terlihat lebih menarik dan rumah lebih indah dipandang. Apalagi diera saat ini aluminium adalah solusi terbaik jendela ,karna lebih tahan lama ,rapi dan perawatannya cukup mudah. Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas cara membuat jendela sliding aluminium sendiri.  

Sebelum kita melanjutkan baca dulu daftar isi artikel ini:
1.manfaat jendela sliding aluminium.
P2.penempatan jendela sliding aluminium.
3.cara membuat jendela sliding aluminium sendiri.
   -bahan jendela sliding aluminium ekonomi
   -rumus jendela sliding aluminium
   -cara membuat jendela sliding ekonomi.
4.kelebihan dan kekurangan jendela sliding aluminium.


Manfaat jendela sliding aluminium
  Jendela sliding atau geser merupakan jendela yang praktis, tidak boros tempat, mudah dibersihkan, dirawat serta dapat menyalurkan udara dan cahaya dengan baik. selain itu jendela sliding aluminium juga terbuat dari bahan aluminium dengan sistem kunci pada bagian kaca tengah menggunakan lem silent, sehingga kaca pada isi jendela sliding akan lebih aman atau tidak mudah pecah ketika penutupan jendela yang sering terhentak keras.

 penempatan jendela sliding aluminium 

 Seperti dijelaskan pada manfaatnya,jendela sliding sering digunakan untuk sirkulasi udara atau untuk penerangan ruangan yang sempit,karna tidak memakan tempat. Biasanya jendela sliding dimanfaatkan diarea dapur,ruang tamu ,atau taman. Terkadang juga digunakan ditempat yang terdapat sekat. Sangat berguna jika suatu saat ada acara yang membutuhkan tambahan ruangan atau sebagai pelewatan barang karna jendela sliding yang mudah dilepas.


cara membuat jendela sliding aluminium sendiri
 Proses pembuatan jendela sliding harus teliti dikarnakan beberapa hal yang memang terkadang tidak difahami yang membuat kegagalan dalam pembuatan jendela sliding,selain itu bahan jendela sliding terdiri dari beberapa barang atau bentuk yang tidak bisa diganti ,pada gambar ini saya tunjukan gambar yang sama,hanya saja ukurannya yang berbeda.
 
Bahan jendela sliding aluminium ekonomi
 1.Ambang atas
 Ambang atas berguna sebagai penanaman moher yang berfungsi sebagai peredam suara agar tidak terlalu berisik ketika jendela sliding dibuka atau ditutup.
2.Ambang bawah
  Ambang bawah berfungsi sebagai tempat roda jendela sliding ,karna bentuknya yang lebar juga bisa digunakan sebagai setelan jendela sliding agar bisa sejajar.
3.Tiang kunci
 Faham dong fungsinya ? Yaa sebagai tempat kunci biar jendela sliding bisa dikunci
4.Tiang sirip
 Tiang sirip berfungsi sebagai tatapan pentemuan antara 2 daun jendela sliding,agar bisa terkait ditengah
5.Rel atas dan bawah
 Berfungsi sebagai tempat daun jendela sliding
6.Rel kanan dan kiri
 Sama fungsinya seperti rel BA cuma penempatan yang dibalik.

 Rumus jendela sliding
Sebelum kita bahas, kita ber andai andai lagi coy. Kita anggap kita akan membuat jendela sliding ekonomi dengan ketinggian 120cm dan lebar 120cm dengan rumus jendela sliding sebagai berikut:

1.rumus rangka atau yang saya sebut rell: untuk rell kanan kiri tidak perlu rumus,karna dipotong sesuai ukuran tinggi (120cm atau bisa dikurangi 2 mili liter, eh salah mili meter coy....!).
Untuk rumus rel bawah cukup dikurangi 1,2cm =118,8cm .dari mana 1,2 cm itu ...? Dari gambar dibawah.
2.rumus tiang jendela sliding:untuk pengurangan tiang daun jendela sliding cukup 2,5cm. Jadi kita akan potong ayam,eh tiang jendela dengan ukuran 117,5cm.
3.rumus ambang bawah dan atas jendela sliding. Tadi kan sudah dikurangi ukuran rell jadi 118,8cm, kemudian kita kurangi lagi 2,5cm = 116,3cm setelah itu kita bagi 2 =58,15cm.

 Sudah itu aja,mudah kan ...? Sekarang
Kita lanjut eksekusi praktek...!

cara membuat jendela sliding ekonomi
 Rumusnya sudah jelas sekarang ikuti langkah satu demi satu ini.
1.potong rell kanan dan kiri dengan ukuran 120 cm
2.potong rell atas dan bawah dengan ukuran 118,8cm. 
Kemudian coak dan lubangi 2 rell ini dengan jalur garis tengah rell tiang sejajar seperti gambar ini,kemudian rakit dengan cara diskrup.
 
2.potong tiang kanan dan kiri ukuran 117,5cm 
Kemudian coak bagian seperti digambar ini.
 
 Ini untuk bagian atas pastikan jangan salah coak,

 dan ini untuk bagian bawah,sirip dibiarkan saja
4.potong ambang daun pintu untuk atas dan bawah dengan ukuran 58,15cm. Dan coak pada bagian didudukan roda (ambang bawah)  seperti gambar ini.
5 setelah itu dirakit dan jangan lupa lubangi tiang untuk setelan roda dan untuk lewatnya roda seperti gambar ini 

Dan jadinya kurang lebih seperti ini

Hati-hati pada perakitan ini jika masih awan ikuti cara diatas,untuk pengemalan dikira kira supaya ketemu,untuk pemasangan rel kanan kiri,jadi searah(proses mal terbalik) .


kelebihan dan kekurangan jendela sliding aluminium
 Kelebihan:
-menarik
-simpel
-menghemat ruangan
-mudah dilepas

Kekurangan
-rawan bocor
-mudah dibobol jika lupa dikunci
-penempatan disamping atau menghindari kebocoran akan membuat kurang rapi karna rel bawah terlihat dari luar













 

 

Posting Komentar untuk "cara membuat jendela sliding aluminium sendiri "

Berlangganan via Email